SELAMAT DATANG |Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi| Bahasa Indonesia <meta content='Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi' name='Description'/> <meta content='Bahasa Indonesi,Kota Provinsi,Puisi Bahasa Indonesia,Sejarah Indonesia,Sumpah Pemuda,Bahasa Melayu,Peta,Konotatif,Donotatif,Kata Baku,Kata Nonbaku' name='Keywords'/>

Rabu, 18 Desember 2013

SELAMAT DATANG

Diposting oleh Unknown di 14.23
‘BAHASA INDONESIA’
PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN DI PERGURUAN TINGGI
 
Situs Ini Berjudul Bahasa Indonesia: Pengembangan Kepribadian Di Perguruan Tinggi, Yang Merupakan Salah Satu Situs Yang Ditunjukan Untuk Menunjang Perkuliahan Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Mata Kuliah Bahasa Indonesia Ini Merupakan Salah Satu Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Yang Bertujuan Mengembangkan  Kopetensi Dasar Mahasiswa Dalam Menggunakan Bahasa Indonesia Sebagai Sarana Komunikasi Lisan Dan Tulis Secara Sopan, Beradab, Berlogika, Dan Berhati Nurani.
Situs Ini Disusun Atas Sembilan karakter. Secara Lebih Rinci,
  1. Dalam Karakter Satu,  Dibahas Sejarah Pertumbuhan Bahasa Indonesia, Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia, Dan Ragam-ragam Bahasa Indonesia.
  2. Dalam Karakter Dua,  Dijelaskan Eksistensi Bahasa Indonesia Baku, Ciri-ciri Bahasa Indonesia Baku, Fungsi Bahasa Indonesia Baku, Tantangan Dan Pengembangan Bahasa Indonesia Baku.
  3. Dalam Karakter Tiga,  Dijelaskan Sejarah Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia Dan Penerapan Kaidah Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan
  4. Dalam Karakter Empat,  Dibicarakan Hakikat Penerapan Diksi (Pilihan Kata) Dalam Kalimat, Kata-kata Denotatif Dan Konotatif, Dan Nonbaku, Pengunaan Kata Secara Tepat,  Penulisan Kata Secara Benar, Struktur Dan Pola Kalimat Dasar Bahasa Indonesia, Penyusunan Kalimat Baku.
  5. Dalam Karakter Lima,  Dibahas Penyusunan Paragraf Ilmiah Dengan Memperhatikan Jenis,  Persyaratan,  Struktur,  Teknik Pengembangan Paragraf, Dan Pengenalan Berbagai Jenis Karangan.
  6. Dalam Karakter Enam,  Dibicarakan Penyusunan Karangan Ilmiah Seperti Wujud Dan Fisik Karangan Ilmiah, Cara Pengacuan, Penulisan Daftar Pustaka, Penulisan Catatan Kaki, Penulisan Abstrak Dan Ringkasan, Serta Cara Menyajikan Dan Mempertahankan Hasil Penelitian.
  7. Dalam Karakter Tujuh,  Dibicarakan Dalam Keterampilan Membaca Sumber Ilmiah Dan Rangka  Mendukung Penulisan Karangan Ilmiah Seperti Karateristik Sumber Ilmiah, Penanda Informasi Dalam Bacaan, Tipe-tipe Informasi, dan Kiat Memahami Sumber Ilmiah.
  8. Dalam Karakter Delapan,  Dikupas Pula Keterampilan Menyampaikan Gagasan Dan Temuan Ilmiah Yakni Menggunakan Bahasa Dalam Forum Ilmiah, Modus Positif Bebicara, Bicara Dengan Mengaktifkan Pendengar,  Hukum Komunikasi Dan Keterampilan Berpidato Dan Berceramah.
  9. Dalam Karakter Sembilan,  Dijelaskan Pula Keterampilan Menulis Surat Resmi Dengan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Penulis Surat Berbentuk Komunikasi Tulis.
Cara Penyajian Materi Dalam Setiap Karakter Selalu Didahului Oleh Penjelasan Isi Karakter Dan Tujuan Instruksional Yang Dapat Dijadikan Patokan Oleh Pembaca Untuk Memahami Materi Setiap Karakter Tersebut.  Di Akhir Karakter, Dikemukakan Pula Pendalaman Materi Dalam Bentuk Latihan Dan Atau Tugas.
Penulis Situs Ini Dapat Terwujut Karena Dukungan Berbagai Pihak Terutama Dukungan Moral Dan Material Pimpinan Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa Sastra Dan Seni ((FBSS),  Universitas Negeri Padang. Sehubungan Dengan Itu, Penulis Mengucapkan Terima Kasih. Demikianlah, Semoga Situs Ini Bermanfaat Bagi Mahasiswa Di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2013 Bahasa Indonesia | Design by Toto TotoLink | Blogger